Frontend dan Backend



Hallo semua, dah lama sudah tidak ngeblog lagi hehehe :D karna kesibukan real life. Kali ini saya akan sharing apa itu frontend dan backend dari pengalaman pribadi.

Umumnya didunia programming itu ada dua bagian yaitu ada frontend dan backend. Dan pasti disebuah aplikasi mempunya bagian yaitu frontend dan backend.

Dimana frontend ini bertanggung jawab mengurusi tampilan depan atau UI
(User Interface) yang mana tampilan ini bisa berintraksi dengan user, seperti user bisa mengclick sesuatu, user menginput sesuatu, dan sebagainya berhubungan dengan tampilan depan.

lalu, backend dia bertanggung jawab untuk mengurusi proses yang diminta oleh frontend, memanipulasi data, mengelola database, membuat api, dan membuat service lainnya.

Nah, disini yang menarik ada API(Application Programming Interface), apa itu ?

jadi, API ini dia adalah alat komunikasi antara frontend dan backend, dan API ini banyak sekali jenis nya ada:
1. SOAP
2. Rest API
data yang dikirim oleh api ini ada dua bentuk yaitu ada :
1. XML
2. JSON
dan data ini yang akan dikirim oleh backend melalui api atau response balikan backend ketika frontend merequest dari api dan frontend akan mencosume data tersebut alu menampilkannya ke user.

contoh:
User ingin mencari orang yang bernama 'ucup', lalu user mengetik kata 'ucup' di textfield lalu si frontend akan mendapatkan event tersebut lalu akan merequest ke api dan si backend akan mendapatkan request-an dari frontend. 

Lalu backend akan mencarikan data 'ucup' ini ada ngak ? di database, jika ada backend akan mengirim response data tersebut ke frontend. dan jika tidak ada backend juga akan mengirim response data tidak ada ke frontend, lalu frontend menerima response tersebut berbentuk json atau xml tadi dan menampilkanlah dalam bentuk tampilan keuser.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

whois

Membuat export dan import Excel di spring boot

Spring Boot CRUD Thymeleaf-Pagination + Bootstrap Dynamic Modals