Tips jago ngoding

Disini saya akan share tips agar jago ngoding berdasarkan pengalaman saya pribadi.

1. Fokus pada konsep
fokus pada konsep ini sangat penting kenapa ? karna kamu akan mudah mencari kesalahan program(bug) kamu dimana. Dan akan benar" paham bagaimana dia berkerja. kenyataannya didunia programming hanya menghapal code itu tidak penting yang terpenting adalah paham konsep terlebih dahulu, kenapa ? code akan berubah namun konsep tidak akan pernah berubah.
seperti OOP dibuat pada tahun 1966 dan masih saja konsep nya seperti itu sampai sekarang dan cara codingnya berbeda-beda.

2. Cari mentor
ini sangat penting jika kalian masih belajar, saya pribadi juga punya mentor belajar yang memberikan jalan lurus saya belajar, yang menyelamatkan saya dari kesesatan.
tapi, jangan berhadap diajarin secara intensif karna mentor juga punya prioritas dia sendiri :D

3. Jangan mengingat kode
saya pribadi tidak mengingat kode, jika lupa sering ke google. dan begitupun dengan orang yang sudah berpengalman. sebenarnya kalo sering ngoding dia akan otomatis apal sendiri karna terbiasa.

4. Praktek
nah, ini penting nih. Percuma kalo belajar tanpa praktek ilmunya akan hilang. maka dari itu penting buat kalian yang masih belajar programming langsung memperaktekan ilmu yang kalian dapatkan, itu membuat kalian mengingat dan mengperbaiki pemahaman kalian. Tidak perlu project besar atau perfect, berawalah dari project simple seperti CRUD, kalkulator, aplikasi simple lainnya.

5. Jadilah programmer males
ini maksudnya bukan males ngapa-ngapain yaak. Ini maksudnya 'jadilah programmer males' dalam artian kalian males ngetik banyak jadi kalian mencari cara seefisien mungkin dalam mengsolve program dan menghindari kode yang berulang. maleskan haaha jadilah males karna kenyataannya di prusahaan, mereka ngejar cepat/deadline













Komentar

Postingan populer dari blog ini

whois

Membuat export dan import Excel di spring boot

Spring Boot CRUD Thymeleaf-Pagination + Bootstrap Dynamic Modals